Kesempatan

07:07 AM Kesempatan

Cerita yang paling saya suka adalah cerita tentang Zakheus. Saking ingin tau akan Tuhan, dia rela naik pohon. Dia menyadari bahwa kekurangan fisiknya akan menghalangi keingintahuannya. Dia naik pohon untuk tau seperti apakah Yesus. Ini kesempatan yang baik krn Yesus hanya lewat sekali aja di kota Zakheus.
Bukan hanya menarik perhatian, Yesus mendatangi Zakheus dan menumpang di rumahnya. Sesuatu yg tidak disangka oleh Zakheus, Yesus, yg namanya mendadak tersohor karena banyak mujijat dan dikenal sebagai Raja dan nabi, menginap di rumahnya dan mau makan bersama.
Dia relakan separuh hartanya dan komitmennya utk bekerja tulus, tdk memeras.
Saat inilah, Zakheus punya kesempatan membersihkan jati dirinya,krn telah disebut org berdosa.


Apa yg jadi teladan dari cerita ini:
# Tuhan Yesus tak melihat seburuk apa,kelemahan kita utk bisa datang kepadaNya. Dia memberi kesempatan utk kita berbalik dari hal yang kotor.
# Yesus menganggap semua orang punya kesempatan yang sama utk dapatkan keselamatan,tdk tergantung kaya miskin,kekurangan fisik, kelemahan kita.
# Rasa ingin tau yang besar terhadap kepribadian Yesus membawa Zakheus sukacita yg besar dalam rumahnya. Sungguh bukanlah kesempatan yang biasa.
# Zakheus berkesempatan untuk berbalik menjadi jati diri sejatinya,bahwa dia adalah anak Abraham. Dia mendapatkan status sosial itu kembali setelah sekian lama di dakwa sbg org yg berdosa.
# Zakheus  berkesempatan bertemu muka demi muka dgn Yesus. Zakheus menjadi agen perubahan lingkungan sekitar.

Bagaimana dengan Anda?
# sudahkah Anda rindu tau kepribadian Yesus lebih lagi dgn mengabaikan kelemahan Anda?
# Apa jawaban Anda, ketika Yesus mau "menumpang di rumahmu"?
# apakah Anda sudah menjamu Yesus di dalam hati anda?
# Komitmen apa yg Anda buat utk menjadi agen perubahan sekitar?

Kesempatan pasti datang, tidak hanya sekali
Namun, apakah anda siap jika kesempatan baik itu hanya lewat dan lewat dan tidak tau akan kembali datang atau tidak?

Yesus rindu datang ke hati kita selalu, Dia melihat kesempatan yang Anda luangkan jikamana Dia bisa memberkati Anda lebih lagi.

Our God is awesome
God  bless
Luk 19:1-10

No comments: